Inilah pentingnya logo, mimpi Anda dimulai dari sini!

diciri.com #cirikanUsahamu | Sebuah pemahaman yang sering dilontarkan di industri pemasaran saat ini yaitu Return on Investment (ROI) yang mengubah sudut pandang segelintir marketers konvensional. ROI adalah perhitungan untuk mendapatkan perhitungan value dari sebuah metode pemasaran. contohnya Anda membuat 100 lembar brosur yang dicetak berwarna ekslusif dengan biaya @Rp.500 (total Rp.50.000), brosur tersebut harus diberikan oleh seorang SPG kepada lima orang muda-mudi yang duduk bersamaan disebuah rumah makan (lima orang untuk satu brosur). artinya perhitungan ROI secara basic adalah: Rp.500 / 5 orang = Rp.100.
Artinya, Brosur tersebut lebih efektif dibandingkan kertas fotocopy hitam putih dengan harga Rp.200 per lembar untuk satu orang yang dibagikan oleh SPG salon di eskalator mall-mall yang kemungkinan besar kertas tersebut langsung dibuang dan dilupakan begitu saja.

Ok, saya rasa cukup untuk memahami apa itu ROI, Selain Brosur, cukup banyak metode pemasaran yang menarik perhatian ROI, misalnya website traffic, social media engagement, bahkan ads campaign. namun ada satu hal yang paling mendasar, yaitu LOGO. Anda harus membuat LOGO sebelum melakukan upaya #cirikanUsahamu melalui metode pemasaran.

Pertanyaannya, apakah LOGO bisa dibuatkan perhitungan ROI?
jawabannya, BISA, bahkan UNLIMITED!

Secara kontras, design logo sangat berperan dalam upaya #cirikanUsahamu, Logo sama halnya dengan investasi pemasaran menggunakan sebuah brosur yang dicetak berwarna ekslusif yang saya jelaskan diatas. Awalnya mendesign sebuah logo yang akan digunakan bertahun-tahun untuk perusahaan Anda yang mampu menghipnotis new customers setiap hari adalah hal yang sangat fantastis dalam perhitungan ROI, karena nilai rupiah yang dikeluarkan begitu kecil dan tidak begitu sebanding dengan value yang akan Anda dapat. Nah! Apakah Anda ingin mendapatkan “sekian” orang yang melihat “logo fantastis” Anda di brosur, website, social media, ads campaign dan lain lain? apakah Anda ingin new customers mengingat logo perusahaan Anda selama hidupnya?

Perlu disampaikan bahwa Logo adalah perwakilan dari perusahaan Anda, perwakilan dari jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan, bahkan reputasi perusahaan Anda dipertaruhkan dari pandangan pertama yaitu, LOGO!

Jika Anda sebagai solopreneur, Kami sarankan Anda untuk tidak membuat logo seorang diri karena jika Anda melakukannya akan menimbulkan konfik kepentingan: ketidak selarasan tujuan perusahaan Anda dengan ambisi pribadi Anda terkait taste design Anda sendiri.

Logo harus mengedepankan beberapa unsur yang mampu mewakili perusahaan Anda secara utuh, tidak berat sebelah dengan keinginan Anda sendiri, tidak berpihak pada ketentuan dan rules yang Anda bentengi sendiri. beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

BRAND
Logo Designer harus merepresentasikan dirinya sebagai new customers, hal ini yang saya rasa tidak bisa diwakili oleh Anda karena Anda adalah pemilik atau bagian dari Perusahaan, Logo Designer harus mewakili karyanya dari mengacu dari pertanyaan-pertanyaan kompleks yang ditujukan kepada Anda, selanjutnya menentukan sasaran Anda yang sesungguhnya, bukan dari design seperti apa yang Anda inginkan.

IMAGERY
Menyampaikan makna yang mewakili target market Anda sungguh tidak mudah, memberikan goresan-goresan yang ideal untuk target market Anda termasuk issue yang paling sensitif untuk mencapai harapan-harapan perusahaan Anda, hal ini sudah dibuktikan oleh Disney, Star Wars dan produk lokal AQUA dimana mereka mampu dengan mudah menggiring target marketnya terhipnotis pada pandangan pertama dengan produk/layanan yang disajikan. Ya! Desney mampu menarik perhatian anak-anak, dan Star Wars mampu menarik perhatian laki-laki pelbagai usia penikmat petualangan penuh fantasi, dan AQUA mampu memberikan pesan bahwa mereka adalah perusahaan Air minum dari Pegunungan yang harus Anda minum segera!

MESSAGING
Seringkali logo dianggap sebagai icon atau simbol, dimana logo bisa dimengerti oleh new customers walau mereka tidak melihat kata-kata atau tagline perusahaan Anda. anda bisa mencobanya sendiri melalui google: logo hope for africa children initiative, lihatlah bagaimana logo tersebut bekerja untuk menggiring Anda dikedua maknanya, yang pertama Anda melihat sebuah pulau dan yang kedua Anda melihat seorang Anak yang melihat seseorang yang lebih tua darinya.

 

SYSTEM
Pernahkah Anda membayangkan bagaimana logo Apple dibuat? Awalnya logo Apple tidak seperti saat ini, sangat kuno karena dibuat oleh pendirinya sendiri yaitu Steave Jobs, untungnya sang legendaris tidak yakin 100% atas logo garapannya lalu pada tahun 1977 ia menugaskan desainer Rob Janoff untuk membuat logo seperti yang Anda kenal saat ini (dengan berbagai perubahan warna dan goresan namun tidak mengubah inti maknanya: buah apel yang digigit sebagian kecil). Bagaimana cara membuatnya? lihatlah! Anda tidak akan pernah menyangka bahwa logo tersebut dibuat dari perpaduan lingkaran yang tersistem rapih. itulah system. mewakili tagline Apple, “think Different”

CREATION
Anda harus memberikan apresiasi yang lebih ketika memanfaatkan pengetahuan, fantasi dan intuisi Logo Designer karena mereka harus mengcompile antara keinginan Anda, dirinya sendiri dan teori-teori dasar seperti color theory, type setting, illustration, photography, animation, layout thecnique untuk mendapatkan perhatian dari target market Anda.

 

KEMBALI KE ROI, Sebuah logo yang tercipta dengan baik akan mendapatkan ROI yang tidak terbatas, itulah kenapa logo menjadi hal yang fundamental untuk bisnis Anda, namun yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengetahui nilai-nilai dari perusahaan Anda sebelum menciptakan logo. ingatlah, logo akan membantu Anda untuk mencapai harapan-harapan dan mimpi besar Anda.

Hal yang perlu diperhatikan setelah menciptakan logo:
Logo Designer harus mampu memastikan bahwa karyanya mampu diimplementasikan disemua jenis media, misalnya business card, letterhead, invoices, website, social media dan lain-lain. Just remember that your logo is your company, your dream, your everything. If you want to generate serious ROI, the logo needs to take on a life of its own.

 

Diciri: You Can Do, We Can Help

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat by WhatsApp