Hati-hati Saat Belanja Online Walau Tidak Bertransaksi!

diciri.com | Pernahkah Anda mendapatkan email atau sms yang tidak mengenakan dari sebuah layanan? pernahkah Anda bertanya darimana mereka mendapatkan data pribadi Anda? Hal ini mungkin saja terjadi lantaran Anda pernah memasukan data pribadi disebuah situs ecommerce atau sejenisnya yang tidak diketahui asal-usulnya sehingga mereka dengan mudah menjual data pribadi Anda kepada pihak ketiga, ya mungkin saja itu terjadi.

Menkominfo melalui Rudiantara dibeberapa media menyebutkan adanya rancangan peraturan untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada konsumen karena saat ini undang-undang terkait ecommerce belum tersedia, sementara itu transaksi melalui internet terus tumbuh secara pesat.

“Karena UU belum ada, kalau kita ajukan UU lama, harus ada naskah akademisnya dulu, diajukan, dibahas, naskah akademisnya aja belum ada. Jadi mengisi kekosongan kita akan buatkan Peraturan Menteri, yang nanti kita cantolkan bisa ke UU ITE atau UU Perlindungan Konsumen,” terang Rudiantara.

Rudiantara juga menjelaskan bahwa peraturan menkominfo ini akan rampung beberapa bulan kedepan dan siap untuk diimplementasi.

Pada dasarnya penyedia layanan memang perlu melindungi data pelanggan, Khusus untuk konsumen, beberapa kesepakatan yang terjadi sebelum melakukan transaksi juga harus dilindungi, maka dari itu berhati-hatilah memberikan informasi sensitif seperti alamat rumah, nomor telepon dan nomor kartu kredit menjadi langkah antisipasi awal yang bisa ditempuh calon pelanggan, karena mungkin saja penyedia layanan jual-beli online tidak terpaku kepada besar-kecilnya omset perusahaan, namun seberapa data pelanggan yang bisa diraih.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat by WhatsApp