Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; WordpressYoutubePlaylistWidget has a deprecated constructor in /home/admin/public_html/main/wp-content/plugins/wp-youtube-playlist-widget/wp-youtube-playlist-widget.php on line 42 Feedback Negatif Harusnya Diselesaikan Dengan Serius namun Hangat - Diciri Indonesia Diciri Indonesia

Feedback Negatif Harusnya Diselesaikan Dengan Serius namun Hangat

Kritik pelanggan adalah bagian dari perkembangan era digital, bahkan pengusaha paling berpengalaman dan sukses sekarang dapat dengan mudah jatuh di pinggir jalan terutama setelah keadaan yang tak terduga seperti peningkatan kebutuhan pasar pada “bonus akhir tahun” dilanjut dengan natal dan tahun baru (mencapai dua kali lipat perkiraan analis), sementara beberapa pelaku usaha malah menutup seluruh layanan mereka karena tidak kuat dengan gaya promosi kompetitor.

Belajar dari kasus ini sangat disayangkan apabila bisnis menjadi rentan terhadap kehilangan peluang pasar dimasa mendatang akibat turunnya kepercayaan konsumen terhadap layanan mereka (kita) yang mengakibatkan tidak adanya lagi ruang untuk mereka yang gagal untuk memberikan layanan dan memenuhi permintaan pembeli, karena melayani bukan hanya memenuhi melainkan memanjakan (juga).

Dengan akses ke situs jejaring sosial, sekarang jauh lebih mudah bagi pelanggan yang tidak puas untuk menyuarakan keluhan mereka secara online yang dapat dengan mudah menodai reputasi. Itu sebabnya melakukan evaluasi dan mengetahui bagaimana cara bereaksi terhadap mereka sangat penting dalam era digital. Bisnis perlu kepercayaan dengan bukti sosial.

Dengan bertindak cepat, profesional dan transparan dalam komunikasi, pelaku usaha dapat membantu pelanggan yang melakukan feedback negatif menjadi pengalaman yang positif. Terkadang itu dapat kita skenariokan, seperti penundaan penjualan saat natal baru-baru ini karena kondisi ekonomi yang tidak stabil.

Mari jadikan penelitian/analisa sebagai landasan. Jika sudah siap dan start to selling, pastikan barang/jasa yang telah dikirim ke pelanggan dengan kemasan yang baik, utuh dan lengkap serta sesuai waktu pengiriman yang ditentukan, namun tidak menutup kemungkinan pelanggan masih memberikan review negatif terhadap pesanan mereka karena hal-hal yang dianggap sepele, ya! Hal ini bisa saja terjadi.

Saran untuk masalah ini, pastikan untuk menanggapi feedback negatif secara cepat dan profesional. Jangan tersinggung. Mari kita lihat langkah-langkah kunci dalam menanggapi feedback negatif dari pelanggan.

Segera Menanggapi
Dalam rangka untuk memberi pengertian kepada pelanggan betapa pentingnya sebuah feedback, pelaku usaha harus merespon dengan cepat terhadap komentar negatif yang disampaikan. Keluhan yang ditangani secara aktif menunjukkan kepada pelanggan bahwa kritik mereka ditanggapi serius. Ini akan mendorong pandangan positif terhadap brand dan pelanggan akan lebih cenderung untuk proaktif dengan saran-saran mereka sendiri untuk perbaikan (tidak hanya mencela). melalui cara seperti ini, masalah dapat diselesaikan dalam waktu 2-3 hari dan berakhir dengan baik tanpa ada efek domino untuk calon pelanggan berikutnya.

Mengakui Kesalahan
Tidak aneh jika manusia membuat kesalahan. TAPI! Tidak ada pelanggan yang mengharapkan kesempurnaan. Ini menunjukkan bahwa lebih penting untuk menawarkan solusi konkret jika ada sesuatu yang tidak beres. Mengomentari tanggapan negatif di depan publik menunjukkan pada pelanggan bahwa bisnis kita tidak takut untuk mengatasi kekurangan. Hal ini biasanya meliputi permemintaan maaf dan membuat upaya untuk memperbaiki masalah.

Sebuah penelitian menyampaikan: “Permintaan maaf bisa lebih berarti daripada pemberian voucher,”

Data menunjukkan bahwa 44% dari pelanggan eBay yang mengajukan review negatif meminta komentar mereka dihapus dan mengubahnya menjadi komentar positif setelah menerima permintaan maaf secara langsung. Ini menunjukkan seberapa cepat kritik atau permasalahan dapat reda jika keluhan mereka ditanggapi dan dihormati.

Menerima Kritik yang Membangun
Kritik yang membangun dari pelanggan adalah alat yang paling penting bagi pengusaha untuk mengidentifikasi kelemahan mereka dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih baik. Langkah pertama adalah memanfaatkan kesempatan untuk menunjukkan pada pelanggan bahwa feedback sangat penting bagi usaha kita.

Ini bukan berarti membiarkan penghinaan terhadap produk, marketers tidak perlu baper jika review yang diberikan pelanggan merupakan suatu kebohongan, hadapi dengan bijak dan telusuri secara perlahan agar pelanggan tersebut tidak merasa dipojokan. Harus ada perbedaan antara kritik yang membangun dan kritik yang mengada-ada, spam atau kasus-kasus di mana menyampaikan pernyataan yang tidak pantas.

Keep collecting!
” One swallow doesn’t make a summer “ – kumpulkan review dan komentar pelanggan, semakin banyak komentar positif orang lain yang kita tunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka harus percaya bahwa brand dan produk selanjutnya akan lebih baik lagi.
Jelas tidak ada marketers yang ingin menampilkan review negatif, tetapi dengan adanya beberapa kritik akan membuat usaha kita terlihat lebih riil dan otentik. Lagipula kemungkinan pelanggan akan lebih percaya review positif daripada perkataan negatif serta akan kembali ke toko kita dan merekomendasikannya pada orng lain.

Ada ribuan toko yang dapat dipercaya serta bisnis legal di luar sana yang memberikan penawaran yang hebat, tetapi jika mereka tidak menunjukkan dan membuktikan bahwa mereka adalah tempat yang bagus untuk berbelanja dengan memanfaatkan bukti ulasan orang lain dari aspek sosial, maka ini bisa berarti mereka akan kurang dapat bersaing pada tahun-tahun dan seterusnya. GOOD LUCK!

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat by WhatsApp